Kenali Tanda Kekurangan Nutrisi Pada Saat Hamil – Eticaretsayfam
 

Kenali Tanda Kekurangan Nutrisi Pada Saat Hamil

| Posted in Uncategorized



Di masa kehamilan, bumil umumnya cepat merasa lelah, mengantuk, dan lesu, maka dari itu penting untuk mengkonsumsi Multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan. Selain itu Fungsi bakteri baik untuk kesehatan pencernaan bumil harus Hati-hati, dengan gejala anemia. Jika dibiarkan, bukan hanya dapat mengganggu kehamilan Anda saja, tapi juga membahayakan keselamatan janin dan diri anda sendiri. Badan kesehatan internasional, WHO, pernah melaporkan bahwa 37-75% ibu hamil di negara berkembang dan 18% ibu hamil di negara maju mengalami anemia. Wanita hamil memang lebih rentan terhadap penyakit ini. Bumil rentan terkena anemia karena selama kehamilan, kebutuhan tubuh akan sel darah merah dan zat besi meningkat untuk memenuhi kebutuhan janin dan plasenta. Lalu, apa saja dampak anemia pada kehamilan dan bagaimana cara mengatasi anemia pada ibu hamil?

penyakit anemia atau biasa dikenal dengan istilah ‘kurang darah’ adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (Hb)  yaitu protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah, berada di bawah angka normal. Berdasarkan batasan jumlah sel darah merah yang telah ditetapkan WHO, wanita hamil dinilai mengalami anemia jika kadar Hb dalam tubuhnya kurang dari 11g/100mL, terutama di trimester 1 dan 3. Diagnosis ini dapat diketahui melalui pemeriksaan darah atau kadar Hb. Untuk itu, Anda perlu mewaspadai penyakit ini dengan mengenali gejala umumnya, yaitu, Wajah terlihat pucat, berwarna putih-kekuningan, Kelopak mata bagian dalam berwarna pucat, Sesak napas akibat jumlah sel darah yang rendah menurunkan tingkat oksigen di dalam tubuh, Merasa lesu, tidak bergairah, dan selalu mengantuk akibat kurangnya oksidasi dan pasokan energi dalam tubuh, Sakit kepala, pandangan berkunang-kunang setelah berdiri dari duduk yang disebabkan  kurangnya suplai oksigen ke otak, Mudah terinfeksi penyakit.

Penyebab anemia pada kehamilan umumnya akibat ketidakseimbangan antara zat besi dengan meningkatnya kebutuhan tubuh akan zat besi. Anemia jenis ini disebut defisiensi zat gizi besi yang menjadi penyebab dari 75 persen kasus anemia pada kehamilan. Defisiensi zat gizi besi juga dapat terjadi pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah berlebihan atau memiliki penyakit kronik. Untuk mencegah defisiensi zat besi selama kehamilan, anda bisa membeli berbagai vitamin untuk Dha dan kecerdasan agar anda tetap sehat pada usia kehamilan, anda bisa mendapatkan berbagai vitamin di Goapotik.com, yang menawarkan berbagai kebutuhan suplemen untuk ibu hamil dan obat herbal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Eticaretsayfam ©2019. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions