Penyembuhan Luka Pasca Operasi Caesar, Ibu Wajib Tahu – Eticaretsayfam
 

Penyembuhan Luka Pasca Operasi Caesar, Ibu Wajib Tahu

| Posted in Kesehatan

Setelah operasi caesar banyak para ibu yang khawatir penyembuhannya akan berlangsung lama. Perawatan luka operasi caesar berbeda dengan perawatan pada jahitan vaginal sehingga langkah pemulihannya juga lebih hati-hati.

Prosedur pembedahan perut ini meninggalkan sayatan harus dipantau setiap waktu. Jika tidak dirawat dengan baik dapat mengakibatkan sayatan membengkak, berdarah, dan berwarna merah. Berikut ini tips penyembuhan luka pasca operasi caesar.

Perbanyak istirahat

Sama halnya setelah melakukan operasi lain, pasca pembedahan caesar memerlukan waktu istirahat. Sangat direkomendasikan melakukan rawat inap di rumah sakit kurang lebih 3-4 hari setelah operasi. Jangan terlalu lama menggendong bayi karena sangat berbahaya bagi sayatan caesar.

Anda sebaiknya meminta bantuan keluarga dan teman ketika menyusui bayi dengan cara membaringkan bayi anda. Dalam sehari anda harus berbaring lebih lama dan waktu tidur malam minimal 7 jam. Periode istirahat anda sampai 6 minggu setelah persalinan.

Jangan Banyak Bergerak dan Berhati hati

Jika anda tinggal dirumah bertingkat maka hindari naik dan turun tangga setiap hari. Gerakan menaiki dan menuruni tangga ini cukup berbahaya dan dapat memperlambat proses penyembuhan. Anda diperbolehkan menggunakan kursi roda jika kesulitan berjalan hingga 2 minggu setelah operasi caesar.

Anda dapat menekan sedikit luka dengan handuk kering setiap kali batuk dan bersin. Tujuannya supaya melindungi luka sayatan terbuka atau sakit. Kebiasaan tersebut harus dilakukan selama 8 minggu setelah operasi caesar.

Jika ingin berolahraga, kembali bekerja, maupun mengemudi anda wajib mengkonsultasikannya dengan dokter. Sebaiknya hindari olahraga berat, anda dapat memulainya dengan berjalan santai lebih sering.

Jalan santai dapat mempercepat proses penyembuhan, mencegah pembekuan darah, dan mencegah sembelit. Jangan lupa kesehatan emosional juga harus terjaga. Anda dapat mengkonsultasikan masalah kesehatan mental dengan psikolog.

Konsumsi makanan dan vitamin

Anda wajib mengkonsumsi makanan bernutrisi setelah persalinan caesar. Makanan bernutrisi seperti yang anda konsumsi pada masa kehamilan. Misalnya ikan berlemak, bayam, telur, susu, yogurt, dan buah-buahan.

Selain itu juga dapat memenuhi asupan asi agar asi yang dihasilkan dapat mencukupi nutrisi bayi. Disamping itu, anda juga harus mengkonsumsi vitamin yang bisa dibeli melalui apotek online. Jangan mengkonsumsi sembarangan vitamin, harus dibeli berdasarkan resep dokter.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Eticaretsayfam ©2019. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions