4 Bahan Ampuh Mengatasi Luka Iris Agar Cepat Kering – Eticaretsayfam
 

4 Bahan Ampuh Mengatasi Luka Iris Agar Cepat Kering

| Posted in Kesehatan


Luka jari kena pisau biasanya sering terjadi terutama para wanita yang sering bergelut di dapur. Walaupun terkesan sepele, jika tidak segera ditangani maka luka ini bisa menimbulkan bekas luka. Bahkan yang lebih parah, luka iris ini dapat menimbulkan infeksi yang lebih besar karena adanya kuman dan bakteri yang masuk kedalam luka.

Bahan Ampuh untuk Menangani Luka Iris

Walaupun Anda tidak kuliah di jurusan kedokteran, namun beberapa tindakan pertolongan pertama untuk menangani luka iris seperti luka kena pisau tetap harus diketahui. Secara umum, ada berbagai jenis obat dan bahan-bahan alam yang bisa digunakan untuk mengatasi luka iris di saat darurat. Apa saja itu?

  1. Rivannol

Salah satu obat penting yang harus selalu tersedia pada kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) adalah rivannol. Rivannol sendiri berfungsi untuk mensterilkan luka dan mencegah terjadinya infeksi.

Saat ini rivanol banyak dijual bebas di apotik sehingga mudah ditemukan. Oleh karena itu ketika akan mengobati luka dengan plester atau betadine, jangan lupa untuk membersihkannya dengan rivannol.

  • Madu

Sejak dulu masu dikenal berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya membantu kesehatan tubuh dari dalam, madu juga ternyata bisa mengobati luka luar seperti luka kena pisau. Madu dikenal dengan sifat antiseptiknya sehingga penggunaan madu untuk obat luar dapat membantu mengeringkan luka.

  • Lidah Buaya

Gel lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja. Kandungan senyawa saponin, lektin, asetat, dan antrakuinon juga ternyata memiliki khasiat untuk mencegah infeksi bakteri pada luka kena pisau, Penggunaannya juga cukup mudah. Anda cukup mengoleskan gel pada daerah luka dan menunggunya hingga kering.

  • Getah Pisang

Tekstur lengket pada getah pisang juga bisa digunakan untuk menutup bekas luka. Bahan ini sangat mudah ditemukan apalagi jika Anda mengalami luka iris di alam dan tidak bisa menemukan obat-obatan.

Penanganan luka iris ternyata cukup mudah. Namun kesterilan luka perlu dijaga sebelum pengaplikasian bahan-bahan tersebut sehingga bakteri tidak akan masuk melalui luka. Untuk menemukan obat luka lain, Anda juga bisa membelinya melalui www.goapotik.com. Jika ingin mencari informasi kesehatan lain seperti makanan untuk perkembangan janin, Anda bisa menemukannya di website www.guesehat.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Eticaretsayfam ©2020. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions