Penyebab Umum Dispareunia – Eticaretsayfam
 

Penyebab Umum Dispareunia

| Posted in Kesehatan

Umumnya, kegiatan seksual dapat dinikmati dengan pijakan yang sama dan menyebabkan kesenangan dan kepuasan. Padahal, banyak faktor yang mempengaruhi kehidupan seksual bekerja paling baik. Hubungan seksual bahkan bisa sangat menyakitkan. Alasannya mungkin karena alasan struktural, pelumasan yang kurang, maupun masalah psikologis.

Anda tidak harus terlalu sedih dan sendirian saat mengalaminya. Bahkan, banyak wanita mengklaim memiliki hubungan seksual yang menyakitkan di beberapa titik dalam hidup mereka. Istilah medis untuk hubungan seksual yang menyakitkan disebut dispareunia. Hal ini merupakan kondisi nyeri kelamin yang berulang atau persisten terjadi sebelum, selama atau setelah hubungan seksual yang diakibatkan oleh penyebab umum dispareunia.

Dispareunia biasanya ditandai dengan munculnya gejala berupa rasa sakit saat penetrasi. Sebelum, selama, atau setelah hubungan seksual, rasa sakit terus terjadi berulang kali. Selain vagina, rasa sakit juga bisa terjadi di uretra, panggul atau kandung kemih. Nyeri biasanya disertai dengan rasa sakit seperti terbakar atau mirip menstruasi. Merasa sakit, itu berlangsung selama beberapa jam. Ada beberapa alasan mengapa rasa sakit saat penetrasi dapat menyebabkan dispareunia.

Rasa Sakit Saat Penetrasi

Pemicu pertama yang mungkin adalah pemanasan yang tidak mencukupi. Turunnya kadar estrogen setelah menopause atau melahirkan maupun selama menyusui juga menjadi penyebabnya. Obat-obatan tertentu juga dapat mempengaruhi gairah atau hasrat seksual. Ini mengurangi pelumasan dan membuat hubungan seksual terasa menyakitkan. Obat yang dimaksud adalah antidepresan, hipertensi, sedatif, antihistamin, dan kontrasepsi tertentu. Karena itu, sebelum penetrasi, pastikan Anda memiliki pelumasan yang memadai.

Luka termasuk iritasi atau cidera akibat kecelakaan, operasi panggul, sunat perempuan, atau sayatan yang memperlebar saluran kelahiran selama persalinan (insisi epitel). Infeksi situs atau saluran kemih dapat menyebabkan hubungan seksual yang menyakitkan. Masalah kulit di area genital juga dapat menyebabkan rasa sakit. Kejangnya otot dinding-dinding vagina yang tidak disengaja ini bisa membuat penetrasi sangat menyakitkan. Masalah saat lahir, seperti vagina yang terbentuk buruk (hipoplasia vagina) atau perkembangan membran yang menghambat pembukaan vagina (membran non porous), dapat menjadi penyebab umum dispareunia.

Rasa Sakit yang Dalam

Sakit yang dalam umumnya terjadi saat penetrasi yang dalam. Itu bisa lebih buruk di beberapa posisi seks. Kondisi ini dapat disebabkan oleh sejumlah penyebab, yaitu penyakit dan kondisi tertentu. Contohnya, endometriosis, penyakit radang panggul, prolaps uterus, handstand uterus, fibroid rahim, sistitis, sindrom iritasi usus, wasir dan kista ovarium. Bekas luka yang diakibatkan oleh operasi panggul, misalnya histerektomi, dapat menyebabkan rasa sakit ketika berhubungan seksual. Selain itu, perawatan medis bagi kanker, misalnya terapi radiasi serta kemoterapi, juga dapat mengakibatkan perubahan fisik dan rasa sakit seksual. Akhirnya timbul hal yang dapat memicu penyebab umum dispareunia.

Masalah Emosional

Penyebab umum dispareunia juga dapat dipicu oleh masalah emosional seseorang. Emosi terkait erat dengan kegiatan seksual dan karenanya menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seksual. Kecemasan, depresi, kekhawatiran eksternal, takut akan keintiman, dan masalah antarpribadi, semuanya dapat mengakibatkan tingkat kesadaran yang rendah dan ketidaknyamanan atau rasa sakit yang ditimbulkan . Saat tubuh Anda stres, otot-otot dasar panggul Anda cenderung mengencang. Ini bisa menimbulkan rasa sakit saat berhubungan intim.

Tidak semua wanita yang mengalami dispareunia mempunyai riwayat pelecehan seksual. Namun, jika pernah mengalaminya, itu mungkin salah satu alasan untuk timbulnya penyakit dispareunia. Kaitan langsung dispareunia dengan faktor penyebab emosional memang sulit untuk dikatakan. Nyeri saat pertama berhubungan menyebabkan rasa takut akan sakit yang berulang, akhirnya tubuh susah untuk rileks. Sehingga, tubuh justru mengakibatkan lebih banyak rasa nyeri dan Anda mungkin mulai menghindari hubungan seks.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Eticaretsayfam ©2020. All Rights Reserved.
Powered by WordPress. Theme by Phoenix Web Solutions